31 August 2015

Workshop " Peningkatan Keterampilan Mengajar pada Guru Produktif Bidang Kesehatan "

WORKSHOP
"PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAJAR PADA GURU PRODUKTIF BIDANG KESEHATAN"

Dr Charles Allen Prosser (1871-1952) adalah seorang praktisi dan akademisi Amerika Serikat yang sering dianggap sebagai bapak pendidikan kejuruan. Karya besarnya yang sangat terkenal adalah 16 Prinsip Pendidikan kejuruan atau sering juga disebut sebagai “16 Dalil Prosser”. Salah satu isi dari 16 dalil tersebut adalah “The instruction is himself master of the skills & knowledge he teaches” yang tertulis pada buku  “Vocational Education in A Democracy”. Prinsip pendidikan kejuruan yang ditulis Prosser tersebut mengandung makna bahwa Pendidikan kejuruan akan efektif jika gurunya telah memiliki pengalaman dan sukses dalam menerapkan keterampilan serta pengetahuannya pada operasi dan proses kerja yang akan dilakukan.
SMK Jajaka Bartim adalah salah satu institusi pendidikan menengah kejuruan bidang kesehatan dengan jurusan Perawat Kesehatan dan Farmasi. Merujuk pada “16 Dalil Prosser”, maka guru atau Clinical Instucture yang mengajar mata ajar produktif adalah seorang Perawat dan Farmasi. Pada kurikulum pendidikan profesi perawat maupun seorang farmasis tidak mengajarkan peserta didiknya menjadi seorang tenaga pendidik. Hal ini menyebabkan tenaga pendidik mata ajar produktif tidak memiliki dasar ilmu yang cukup untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Fakta ini yang melatarbelakangi dilaksanakannya workshop sehari di SMK Jajaka Bartim pada tanggal 27 Agustus 2015, dengan judul “Peningkatan Keterampilan Mengajar pada Guru Produktif Bidang Kesehatan”, workshop ini diharap dapat meningkatkan kompetensi guru-guru produktif, khususnya dalam keterampilan mengajar.

No comments:

Post a Comment